Sabtu, 21 Mei 2011

Pentaho Suite_Analisa Dasar Pentaho

Pentaho adalah kumpulan aplikasi Business Intelligence (BI) yang berkembang dengan pesat dan bersifat free open source software(FOSS) yang berjalan di atas platform Java. Aplikasi-aplikasi Pentaho dikembangkan oleh Pentaho corp yang berpusat di Orlanda, Amerika Serikat.


**Analisa Pentaho_Hasil Paktikum**

Inilah pengalaman pertama saya menggunakan Pentaho..
Awalnya sih pikir susah,,tapi ternyata............
pengen tauuu??? check it out...

  • Pertama tentunya kita harus menginstall softwarenya.. Kalau belum punya silahkan download disini Pentaho.
  • Setelah selesai Install Pentaho..Aplikasi Pentaho Akan muncul secara otomatis d browser anda dengan tampilan depan (home) seperti ini
  • Pada pembahasan sekarang. kita akan mencoba membuat Analyzer Report. Pilih " New Analyzer Report ". Setelah itu akan muncul halaman sebagai berikut :
  • Setelah itu kita memilih database source, Ada 3 pilihan,
    Dalam contoh ini saya memilih “Sample data:Quadrant Analysis”. Selanjutnya klik OK. Berikutnya muncul form Analyzer Report
  • Selanjutnya Drag Field yang ada disamping (Departement, Measures, Position, Region. Hasilnya seperti gambar dibawah ini :,

(Setelah semua field di drag)
  • Selanjutnya kita akan menFilter data yang kita inginkan. Klik Show Filter. disini saya akan menFilter Positions "CEO". Agar data yang muncul hanya data CEO..Hasil seperti ini :
(Form Pilihan data yang ingin di Filter)
(Data yang difilter)
  • Setelah itu. kita akan mencoba membuat data diatas kedalam bentuk diagram. diagram yang kita pilih adalah diagram "Bar". Caranya seperti pada gambar berikut :
Maka hasilnya seperti berikut.

  • Gimana ??
Mudahkan??
Jadi kesimpulannya dalam menggunakan Pentaho Suite BI. kita hanya Klik-Drag-Drop..hahaha...mudah kan??.data yang kita gunakan adalah data warehouse yang telah ada.. dan hanya beberapa klik dan drag, informasi yang diinginkan sudah bisa ditampilkan dalam bentuk Analisa yang sangat bermanfaat untuk Mengambil Strategi atau keputusan dalam Perusahaan..
Hebatkan?? ..Sofware Gratis - Hasil Fantantis...

Selamat Mencoba..GUDLAK
Thanks For MR.DjS :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Online Job for All